guru harus kreatif memvariasikan materi pelajaran

Posted: 17 Desember 2008 in Pendidikan

Semua orang pasti setuju bahwa pendidikan adalah investasi bersifat jangka panjang. Namun sayangnya biaya pendidikan masih tergolong mahal di Indonesia, termasuk masih tingginya harga buku pelajaran.

Padahal alangkah lebih bermutunya pendidikan di negeri ini bila setiap kali mengajar, seorang guru selalu membawa buku-buku yang berbeda agar dapat membagikan pengetahuan kepada murid-murid dari banyak sumber yang berbeda. Mari kita hitung secara matematis. Misalnya setiap kali mengajar dari hari Senin sampai Sabtu, setiap guru membawa satu buku yang berbeda. Selama seminggu jadi ada enam buku yang dilihat oleh para murid. Bayangkan berapa banyak buku yang dikenal oleh para murid dalam sebulan, setahun, hingga masa mereka menyelesaikan studinya nanti!

Hal ini tentunya akan lebih memperluas wawasan, tidak hanya bagi para murid yang diajar, namun juga bagi guru itu sendiri. Akan lebih baik pula bila setiap buku itu kemudian para guru menceritakan kepada murid-muridnya, misalnya tentang riwayat pengarangnya atau latar belakang sejarah sosial ketika suatu teori ditemukan oleh seorang ilmuwan.

Harga buku yang tinggi itu kemudian juga berimbas kepada sedikitnya koleksi buku di perpustakaan sekolah. Itulah makanya tidak heran banyak perpustakaan yang mati, selain karena memang jarang ada murid yang senang berlama-lama menghabiskan waktunya di sana.

Di tengah kondisi mahalnya harga buku, para guru sebagai pendidik dituntut untuk kreatif. Kalau tidak dapat membeli buku, mereka dapat mengambil bahan-bahan pendukung suatu materi pelajaran dari internet untuk dibagikan kepada para murid. Internet adalah suatu ensiklopedia elektronik yang sangat praktis. Kalau tidak tahu situs mana yang harus dibuka, silahkan membuka situs pencari, seperti google.com, altavista.com, yahoo.com, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s